Selasa, 28 April 2020

Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Essay) Part-2

Melanjutkan tulisan Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Essay) bagian pertama (soal nomor 1-15), essay bagian kedua berisikan materi yang sama, dengan PG bagian ke-2, yaitu tentang Kritik Seni Rupa.

Berikut, soal essay seni budaya kelas 10 semester genap beserta jawabannya, untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat, dimulai dari soal nomor 16.

16. Karya seni rupa terapan yang digunakan sebagai alat berburu pada zaman….
Jawaban: prasejarah.

17. Campuran satu warna primer dengan satu warna sekunder menghasilkan warna….
Jawaban:  tersier.

18. Teknik pembuatan batik yang dilakukan dengan mengambil dan menarik bagian kain yang tidak ingin terkena warna, yaitu teknik….
Jawaban:  jumputan.

19. Alat teknik manual dan tradisional disebut….
Jawaban: tustel.

20. Teknik pembuatan keramik dengan alat bantu alat cetak merupakan teknik....
Jawaban: cor.

21. Seorang apresiator harus memiliki kemampuan mengnal dan memahami….
Jawaban: Niai-nilai seni.

22. Salah satu hasil kerajinan menganyam adalah….
Jawaban: tikar, tas, dompet, dan lain-lain.

23. Kota yang dikenal sebagai penghasil kerajinan kulit adalah….
Jawaban: Cibaduyut, Jawa Barat.

24. Hal yang paling diutamakan dalam karya seni rupa terapan adalah….
Jawaban: daya pakai (fungsinya).

25. Kritik seni merupakan salah sau bentuk dari kegiatan….
Jawaban: apresiasi.

26. Jelaskan tahapan-tahanpan pada kegiatan apresiasi!
Jawaban:
a. Kegiatan mengamati
Kegiatan ini merupakan kegiatan awal dalam mengapresiasikan sebuah karya seni, dimana terjadinya beberapa proses, yaitu:
- Proses pengamatan yang dilakukan dengan mata, yaitu proses rangsangan dari objek karya seni yang diamati.
- Proses penyaluran rangsangan dari hasil pengamatan ke otak syaraf, proses ini dapat disebut juga dengan proses fisiologis.
- Proses psikologis berupa aktifitas jiwa dan rasa pada objek tersebut, hingga pengamat mampu memberikan tanggapan dan gambaran berdasarkan pemahamannya.
b. Kegiatan menghayati
Kegiatan ini merupakan proses terjadinya penyesuaian dan penerimaan akan nilai-nilai estetis yang terkandung dalam karya seni yang dihayatinya.
c. Kegiatan mengevakuasi.
Kegiatan mengevakuasi dilakukan dengan kegiatan penilaian karya berdasarkan kaidah, norma, dan estetika yang berlaku.
d. Kegiatan berapresiasi
Pada tahapan ini, apresiator mulai menikmati dan merasakan maksud dari pembuatan karya seni tersebut.

27. Sebutkan lima prinsip seni yang perlu dipenuhi dalam sebuah karya seni rupa!
Jawaban:
a. kesatuan (unity),
b. keseimbangan (balance),
c. irama (rytme),
d. proporsi, dan
e. aksentuasi.

28. Sebutkan lima jenis karya seni rupa terapan nusantara!
Jawaban:
a. kerajinan anyaman,
b. kerajinan keramik,
c. kerajinan ukiran,
d. kerajinan tenun,
e. kerajinan batik,
f. kerajinan bordir, dan
g. kerajinan kuliit

29. Jelaskan tiga pendekatan yang dapat dilakukan dalam melakukan apresiasi!
Jawaban:
a. Pendekatan deskriptif yang dilakukan dengan mengamati dan memaparkan karya seni apa adanya, yaitu dengan berdasarkan bentuk fisik karya seni yang dilihatnya.
b. Pendekatan analitik merupakan pendekatan yang dilakukan dengan mengamati karya seni berdasarkan pedoman keindahan dari karya seni rupa, seperti pemenuhan unsur-unsur dan prinsip seninya.
c. pendekatan interperatif merupakan pendekatan yang dilakukan dengan cara melakukan interprestasi pada karya seni, dengan berdasarkan sudut pandang pengamat yang baik, berdasarkan pemahamannya terhadap seni rupa maupun berdasarkan pengalaman dalam karyanya di bidang seni rupa.
d. Pendekatan penilaian merupakan pendekatan yang dilakukan dengan proses pengukuran. Adapun caranya dapat dilakukan secara objektif maupun subjektif.
e. Pendekatan interdisipllin merupakan pendekatan yang diakukan dalam menilai sebuah karya seni yang diihubungkan dengan berbagai keilmuan, seperti ilmu psikologis, antropologi, kebudayaan, filsafat, ekonomi, dan kesastraan.

30.  Sebutkan lima teknik yang digunakan untuk membuat keramik!
Jawaban:
a. teknik lempeng,
b. teknik cetak tekan,
c. teknik cor
d. teknik butsir,
e. teknik pijit.
f. teknik pilin,
g. teknik putar, dan
h. teknik plester.

Lanjut ke soal nomor 31-45 => Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Essay) Part-3